Selasa, 05 April 2016






PENGETAHUAN KOMPONEN MOTOR BAKAR DIESEL 4 LANGKAH
( Laporan Praktikum Motor Bakar dan Traktor Pertanian )


Oleh :
Rizki Eprimal
1414071085






 








TEKNIK PERTANIAN
FAKULTAS PERTANIAN
UNIVERSITAS LAMPUNG
2015



                                                                                                                                                      I.            PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Motor bakar diesel biasa disebut juga dengan Mesin diesel (atau mesin pemicu kompresi) adalah motor bakar pembakaran dalamyang menggunakan panas kompresi untuk menciptakan penyalaan dan membakar bahan bakar yang telah diinjeksikan kedalam ruang bakar. Mesin ini tidak menggunakan busi seperti mesin bensin atau mesin gas. Mesin ini ditemukan pada tahun 1892 oleh Rudolf Diesel, yang menerima paten pada 23 Februari 1893. Diesel menginginkan sebuah mesin untuk dapat digunakan dengan berbagai macam bahan bakar termasuk debu batu bara. Dia mempertunjukkannya pada Exposition Universelle (Pameran Dunia) tahun 1900 dengan menggunakan minyak kacang (lihat biodiesel). Mesin ini kemudian diperbaiki dan disempurnakan oleh Charles F. Kettering.
Mesin diesel memiliki efisiensi termal terbaik dibandingkan dengan mesin pembakaran dalam maupun pembakaran luar lainnya, karena memiliki rasio kompresi yang sangat tinggi. Mesin diesel kecepatan-rendah (seperti pada mesin kapal) dapat memiliki efisiensi termal lebih dari 50%.
Mesin diesel dikembangkan dalam versi dua-tak dan empat-tak. Mesin ini awalnya digunakan sebagai pengganti mesin uap. Sejak tahun 1910-an, mesin ini mulai digunakan untuk kapal dan kapal selam, kemudian diikuti lokomotif, truk, pembangkit listrik, dan peralatan berat lainnya. Pada tahun 1930-an, mesin diesel mulai digunakan untuk mobil. Sejak saat itu, penggunaan mesin diesel terus meningkat dan menurut British Society of Motor Manufacturing and Traders, 50% dari mobil baru yang terjual di Uni Eropa adalah mobil bermesin diesel, bahkan di Perancis mencapai 70%.
Pada Motor Diesel salah satu system terpenting adalah system aliran Bahan Bakar. Sistem bahan bakar adalah proses mengalirnya bahan bakar dari dalam tangki hingga masuk ke dalam system. Oleh karena itu perlunya pemahaman tentang jalur aliran bahan bakar tersebut dan cara kerja dari komponen yang ada. Pada Sistem bahan bakar juga terdapat beberapa komponen-komponen pentingyang menunjang kelancaran aliran bahan bakar. Apabila terdapat masalah pada sistemnya maka dapat mengganggu kerja dari mesin, maka penting juga untuk dapat menganalisis, memperbaiki dan melakukan pengujian terhadap proses kerja dari masing-masing komponen sistem bahan bakar motor diesel tadi.

1.2 Tujuan praktikum
Adapun tujuan dari praktikum ini adalah untuk mengetahui komponen-komponen  motor bakar diesel, mengetahui urutan membongkar dan memasang komponen-komponen motor bakar diesel,dan mengetahui kendala yang ada pada saat pembongkaran dan pemasangan komponen motorbakar diesel.

















                                                                                                                                         II.            TINJAUAN PUSTAKA

Motor bakar adalah salah satu fasilitas keteknikan yang banyak dipakai di suatu usaha tani sebagai penggerak untuk berbagai keperluan. Dengan demikian, pengelolaannya termasuk dalam tanggung jawab seorang sarjana teknik pertanian.Sedangkan traktor adalah mesin pertanian yang paling banyak penerapannya untuk berbagai keperluan di suatu usaha tani yang pengelolaannya juga termasuk dalam lingkup tanggung jawab sarjana teknik pertanian.Dengan demikian pengetahuan dasar mengenai traktor tentu perlu dibekalkan kepada seorang calon sarjana teknik pertanian (Arismunandar, 2005).
Motor adalah suatu alat yang dapat merubah suatu bentuk energi tertentu menjadi suatu kerja mekanis. Apabila suatu motor dapat menghasilkan kerja mekanik dari perubahan energi kimia melalui proses pembakaran maka disebut dengan motor bakar. Secara umum motor bakar dibedakan menjadi dua, yaitu motor bakar dalam, yaitu bila proses pembakarannya didalam ruang yang sama dengan terjadinya pengubahan tenaga panas menjadi kerja mekanik. Dan motor bakar luar, yaitu bila proses pembakarannya diluar tempat terjadinya pengubahan tenaga panas menjadi kerja mekanis (Purwadi, 2009).
Motor bakar merupakan salah satu sumber tenaga penggerak yang banyak dipakai di bidang pertanian. Motor bakar mempunyai peran penting di bidang pertanian. Motor bakar banyak dipakai pada berbagai pemanfaatan, antara lain: traktor, pompa air, bengkel pertanian, gilingan padi / gabah / beras, penggerak pada mesin-mesin pengolah hasil pertanian, sarana angkut di perkebunan untuk pengangkutan alat, bahan, dan hasil pertanian (Smith, 2003).
Motor pembakaran luar adalah suatu motor bakar dimana proses pembakaran atau perubahan energi panas dilakukan diluar dari mekanisme/konstruksi mesin, dan dari ruang pembakaran energi panas tersebut dialirkan ke konstruksi mesin melalui media penghubung (Okasatria, 2002).
Motor diesel adalah suatu motor bakar yang pada langkah pertama menghisap udara murni dari saringan udara sedangkan pemasukan bahan bakar dilakukan pada akhir langkah kompresi yang segera terbakar kerena tekanan udara pada akhir langkah kompresi yang mempunyai tekanan tinggidan menghasilkan suhu yang mempu menyalakan bahan bakar (Daryanto,1984).
Piston disebut torak, mempunyai bentuk seperti silinder. Bekerja dan bergerak secara translasi bolak-balik di dalam silinder. Fungsi piston adalah menerima tekanan dari proses usaha hasil pembakaran dan merubah tenaga tekanan tersebut menjadi gerak lurus. Selain itu piston merupakan bagian utama dari motor yang melakukan kerja siklus motor yaitu: pengisian, kompresi, usaha dan pembuangan sisa-sisa pembakaran (Purwantana,1999).
Piston pada umumnya dibuat dari bahan alumunium, karena bahan ini cukup memenuhi syarat-syarat: (1) tahan terhadap temperatur yang tinggi, (2) sanggup menahan tekanan yang bekerja padanya, (3) mudah mengantarkan panas pada bagian sekitarnya, (4) ringan tapi kuat (Purwantana,1999).
motor 4 tak yaitu setiap jenis motor bakar yang dalam setiap silindernya mendapatkan 1x pembakaran gas dengan hanya memerlukan gerakan piston sebanyak 4 kali, sedangkan kruk As berputar dua kali atau 7200 (Soesilo,1988)











                                                                                                                                                   III.            METODOLOGI

3.1   Waktu dan Tempat
Adapun waktu dan tempat dalam pelaksanaan praktikum Motor Bakar dan Traktor Pertanian yaitu dilaksanakan pada hari Jum’at tanggal 9 Oktober 2015 pukul 09.30 – 11.30 WIB, di Laboratorium Daya Alat dan Mesin Pertanian, Jurusan Teknik Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Lampung.

3.2   Alat dan Bahan
Adapun alat yang digunakan pada praktikum ini adalah alat-alat kunci Sok, kunci Pass, kunci Ring, Obeng, dan Tang. Sedangkan bahan yang digunakan berupa mesin diesel 4 tak yang akan bongkar pasang.

3.3   Diagram Alir     
Letakkan mesin motor bakar diesel 4 tak di atas meja.
Amati bagian – bagian dari mesin 4 tak terlebih dahulu.
Mulailah membongkar satu per satu komponen mesin, dimulai dari bagian terluar dahulu sampai ke yang bagian dalam.
Setelah sudah di bongkar bagin dari komponen mesin diamati dan dipahami kembali dan diketahui juga fungsi dari setiap komponen pada mesin tersebut.
Setelah selesai diamati satu per satu, kemudian dipasang kembali dengan teliti supaya komponen tidak ada yang tidak terpasang sehingga terpasang seperti semula.
Hasil





                                                                                                                            IV.            HASIL DAN PEMBAHASAN

4.1   Hasil Praktikum
Berdasarkan praktikum yang telah dilakukan diperoleh data sebagai berikut :
No.
Komponen
Fungsi
1.
Torak/ Piston
Torak adalah komponen yang meneruskan tenaga dari hasil pembakaran menjadi tenaga mekanik.
2.
Batang Torak
Komponen penghubung torak dan poros engkol.
3.
Pena Torak
Pena torak (piston pin) menghubungkan torak dengan bagian ujung yang kecil (small end) pada batang torak.
4.
Ring Torak/Piston
Pegas torak (piston ring) di pasang dalam alur ring (ring groove) pada torak.
5.
Poros Engkol
Komponen yang berfungsi untuk merubah gerak naik turun piston menjadi gerak putar.
6.
Blok Silinder
Blok silinder merupakan tempat bergeraknya piston/torak dalam pembakaran bahan bakar, dan tenaga panas yang dihasilkan oleh pembakaran bahan bakar diubah kedalam tenaga mekanik dengan adanya gerak naik-turun torak dalam silinder
7.
Kepala Silinder
Kepala silinder (cylinder head) di tempatkan dibagian atas blok silinder. Pada bagian bawah kepala silinder terdapat ruang bakar dan katup-katup.
8.
Governor
Governor digunakan sebagai 'interface' antara turbin penggerak dan generator. Seperti halnya peralatan listrik yang lain, governor juga memiliki keterbatasan kemampuan. Parameter- parameter governor, seperti daya mekanik, gas producer, speed droop, dll.
9.
Bantalan (Bearing)
Mencegah keausan dan mengurangi gesekan pada poros engkol.
10.
Roda Penerus (Fly Wheel)
Menyimpan tenaga putar (inertia) yang dihasilkan pada langkah usaha, agar poros engkol tetap berputar terus pada langkah lainnya.
11.
Katup (Valve)
Membuka dan menutup saluran masuk dan saluran buang.
12.
Pegas Katup (Valve Spring)
Mengembalikan katup pada kedudukan/posisi semula dan memberi tekanan pada katup agar dapat menutup dengan rapat.
13.
Tuas  Katup (Rocker arm)
Menekan katup - katup sehingga dapat membuka.
14.
Batang pendorong (push rod)
Meneruskan gerakan valve lifter (pengangkat katup) ke rocker arm
15.
Pengangkat Katup (Valve Lifter)
Memindahkan gerakan camshaft (poros nok) ke rocker arm melalui push rod.
16.
Poros Bubungan / Poros Nok (camshaft)
Membuka dan menutup katup sesuai dengan waktu (Timming) yang telah ditentukan.
17.
Karter (Oil Pan)
Menahan poros engkol agar tidak bergerak/bergeser maju-mundur.




4.2    Pembahasan

Dalam pembongkaran mesin disel di butuhkan Kekompakan adalah suatu kerjasama membentuk suatu tujuan yang diharapkan dalam sebuah tim. Untuk kekompakan tim dalam pembongkaran sistem mesin motor bakar sangat diperlukan, karena akan mempengaruhi hasil dari mesin itu sendiri. Jika suatu tim dalam melakukan suatu kegiatan atau praktikum tidak menyertakan suatu kekompakan maka kegiatan tersebut tidak akan berjalan dengan sempurna. Faktor-faktor penyebab hilangnya kekompakan tim:
-          Keegoisan pada masing-masing orang dalam suatu tim
-          Kurangnya koordinasi antar sesama orang
-          Tidak adanya susunan kegiatan

Ketelitian merupakan suatu pekerjaan atau analisis terhadap kegiatan yang sukar untuk dilakukan. Ketelitian meliputi pengamatan terhadap proses dan hasil kegiatan. Pada praktikum ini kita perlu teliti dalam pemasangan komponen, karena jika tidak teliti maka mesin akan rusak dan tidak dapat berfungsi lagi.
Daya ingat dibutuhkan pada praktikum kali karena terlalu banyaknya komponen mesin diesel yang dibongkar. Pada praktikum ini aplikasi daya ingat terjadi pada tempat komponen dipasangkan kembali ketempat asal. Jika salah satu komponen tidak terpasang atau salah memasang maka mesin akan rusak dan tidak dapat berfungsi lagi.
Ketepatan waktu sangat dibutuhkan pada system perbengkelan. Contohnya pada praktikum kali ini jika waktu yang kita butuhkan tidak cukup untuk kita bekerja, berarti dalam hal ini kita kurang tepat waktu. Apalagi ditambah dalam system kuliah waktu yang diberikan sangatlah sedikit. Untuk itu kita perlu Ketepatan dan kerja tim yang baik agar pembongkaran dan pemasangan mesin diesel tepat pada waktu yang diberikan.
Komponen-komponen Mesin Diesel
Tangki (Fuel Tank)Tangki atau Fuel tank ini biasanya terletak pada paling atas bagian mesin. Alat ini berfungsi untuk tempat bahan bakar mesin. Kapasitas dari tangki ini bermacam-macam.
Tutup tangki berfungsi untuk menutup tangki agar bahan bakar yang terdapat di dalamnya tidak keluar atau tumpah ke lingkungan.
Gir berfungsi untuk penghubung antara hasil kerja pestin ke bagian mesin yang system kerjanya berputar.
Kunci sok adalah kunci tiga lekukan pada pemegangnya. Kunci ini memiliki mata kunci bermacam-macam. Kunci ini mudah untuk digunakan karena tidak hanya pada satu sisi penggunaan.
Bagian dalam silinder block terdapat di dalam mesin yaitu tempat piston berada. Pada saat praktikum kebetulan piston tidak ada, jadi penampangnya tidak lengkap.
saluran bahan bakar. Saluran ini menghubungkan antara bahan bakar dari tangki ke piston.
Roda besi berfungsi untuk menghubungkan putaran yang dihasilkan piston ke bagian yang membutuhkan kerja putaran.
Penutup gir berfungsi untuk menutup gir yang terhubung dengan piston agar terhindar dari halangan atau gesekan dari luar.
Bagian awal dari pembongkaran mesin diesel. Terdapatkomponen-komponen luar yang terlindungi oleh penutupnya.
Bagian ini yang menghubungkan piston dengan pembuangan/knalpot.
roda besi yang telah terlepas dari tempatnya. Roda ini fungsinya untuk menghubungkan putaran yang dihasilkan piston ke bagian yang membutuhkan.
tempat piston. Piston sendiri terdapat di dalamnya dan pada bagian ini adalah saluran pembuangan/knalpot juga.
ring/tutup tempat oli. Oli masuk lewat lubang kecil yang terdapat di bawahnya.
Bagian luar antara roda besi dengan saluran pembuangan asap/knalpot yang terhubung dengan knalpot langsung.
Tata Cara Pembongkaran
Pembongkaran dilakukan secara bertim. Pada kesempatan praktikum ini dilakukan oleh dua tim. Pembongkaran awal dilakukan pada komponen-komponen luar yaitu seperti tutup, baut, dll. Kemudian dilakukan pemcopotan terhadap tangki dan komponen yang mudah untuk di copot dari tempatnya, seperti knelpot, saringan udara, dll. Setelah komponen luar tercopot maka tinggal bagian dalam yang harus di copot dan ini memerlukan ketelitian yang baik. Setelah semuanya terbongkar maka dilakukan pengamatan terhadap masing-masing komponen mesin. Setelah itu dilakukan lagi pemasangan sesuai tempat asal yang dalam hal ini butuh daya ingat dan ketelitian juga.
Kesulitan Dalam Pembongkaran
Dalam pembongkaran terdapat kesulitan yang pada saat memasang ulang komponen – komponen yang ada dalam mesin disel ,pada saat pemasangan slinder block mengalami kesulitan karena berapa kali tidak pas.


























                                                                                                                                                                V.            PENUTUP

5.1 Kesimpulan
Berdasarkan praktikum yang telah dilakukan, maka dapat kita ambil  kesimpulansebagai berikut :
1.      Bagian-bagian motor bakar terdiri dari silinder, piston, karbulator, governer dan magnet roda gila.
2.      Motor bakar 4 memiliki prinsip dan langkah kerja yang lebih baik dan ramah lingkungan dibanding motor bakar 2 tak.
3.      Hal yang harus diperhatikan didalam pembongkaran dan pemasangan adalah ketelititan, jika kurang teliti komponen-komponen mesin bisa tidak terpasang semua seperti semula sebelum dibongkar.

5.2 Saran
Untuk alat dan mesinnya perlu dilengkapi kembali komponen-komponennya sehingga didalam perktikum bisa lebih dimengerti cara kerjanya. Kemudian tempatnya pun masih kurang nyaman sehingga membutuhkan tempaat yang lebih nyaman supaya didalam peraktikum dapat lebih berkonsentrasi. Serta dalam praktikum perlu diperhatikan kelengkapan keselamatan kerja.





DAFTAR PUSTAKA

Arismunandar, 2005.Penggerak Mula Motor Bakar torak. Tiga Serangkai. Jakarta
Daryanto. 1984. Mengenal Cara Kerja Mobil Secara Praktis. Tarjito:Bandung.
Purwadi, Tri, dkk. 2009. Buku Panduan Praktikum Azas Konversi dan Konservasi
Energi. Yogyakarta: Laboratorium Energi dan Mesin Pertanian Jurusan Teknik Pertanian Universitas Gadjah Mada.
Purwantana, Bambang. 1999. Motor Penggerak. Yogayakarta: Fakultas Teknologi
Pertanian Universitas Gadjah Mada.
Smith dan Wilkes, 2003.Mesin dan Peralatan Usaha Tani.Tiga Serangkai.
jakarta Soesilo, handoko. 1988. Sepeda motor. CV. Karya Utama: Surabaya.
Okasatria, N dan Agus Budi Jatmiko. 2002. Motor Bakar. Perpustakaan UI :Jakarta.



























LAMPIRAN



































1 komentar:

  1. Hard Rock Hotel & Casino Columbus - Mapyro
    Find and compare 하남 출장마사지 Hard Rock Hotel & 화성 출장마사지 Casino Columbus (Mapyro). 군산 출장샵 Hard Rock Hotel & Casino Columbus 동해 출장마사지 is home to over 광주광역 출장샵 1,300 exciting rooms and suites,

    BalasHapus